Efek Samping Dari Sebuah Sistem Pendidikan

Seorang teman seperjuangan satu kampus mendatangiku dengan muka penuh beban dan terlihat sedang berusaha mencari tempat untuk berbagi masalah bersama.. sebut saja dia Awan, orang dengan badan segede kasur yang memiliki suara keras seperti sound system acara kawinan..
Awan : *duduk dengan kaki diatas dengkul
Saya : *pura2 liet inbox hape
Awan : *colek pundak sebelah kanan dan berkata.. “pren.. tadi ane baru anterin temen tes kerja, jadi sedih ngliatnya”
Saya : “kenapa sob? Dia gak lolos yah?, emang temenmu lulusan apa?”
Awan : “iya dia gak lolos, dari sembilan aplikasi yang dia masukin satupun gak ada yang jebol men..  jurusannya sama kaya kita, satu angkatan tapi dia baru wisuda bulan kemarin diuniversitasnya”
Saya : “emang tuh dia selama ini nyoba tes kerja dimana aja? Aneh bener gak ada yang lolos, idiot kali temenmu wawancara kerja sambil ngisep ganja.. hahaha”
Awan : *gebrak meja… “bukan lolos gaknya yang jadi masalah, tapi jurusannya itu yang bikin dia selalu ditolak…”
Saya : *wah tumben ni badak serius.. “lah kok bisa? Bukannya jurusan kita ntar kalo kerja bisa ditaroh dimanapun yah, apalagi kerja di perusahaan model begituan seharusnya bisa masuk.. emang temenmu tes kerja dimana aja sih???”
Awan : *satu persatu nyebutin tempat dan jenis kerjaannya sambil cerita panjang lebar… (setengah jam kemudian)… “jadi gt ceritanya boy, sewaktu tes wawancara terakhir dia gagal soalnya jurusan yang diambil sewaktu kuliah gak sesuai dibidang kerja perusahaannya itu. Kalo kek begini jadi ikut kuatir.. jangan2 besok nasib ane sama padahal pingin banget nyari kerja gaji 5 juta keatas… dimana lagi kalo gak di perusahaan model begituan…”
Saya : “wew… tapi emang gak ada alternatif lain selain target kerja disitu?, toh kamu juga bisa nyari kerja yang sesuai sama gelarmu ntar..”
Awan : “lha sekarang apa bedanya jurusan kita sama jurusan lain? Jurusan kita juga mampu kok pake aplikasi ilmu dari jurusan lain yang masih satu fakultas.. “
Saya : “ya berarti tes masuknya pake jalur lain dong.. kan banyak tuh jalurnya. Ato kerja di perusahaan BUMN kek, kaya gak ada kerjaan lain aja… di bank juga lumayan prospeknya.. gengsi amat”
Awan : “bukan begitu, ni masalahnya buat biaya idup besok boy, emang ente bisa idup dikota besar Cuma pake duit gaji 2-3 jutaan?? Ente juga gak muna’ tho kalo pingin istri sama anak ente bisa idup adem ayem… jaman sekarang duit yang ngomong mameeeeen..”
Saya : *agak bosen “omonganmu udah kaya calon koruptor aja.. ”
Awan : “hah!... omongan yang mana? Sekarang jadi orang yang realis aja lah, gak usah sok idealis, emang besok ente bisa makan pake idealis, boro2 makan… kerja aja paling gak ada yang mau nrima..
Saya : *angkat dada “mapan itu gak harus punya gaji segede yang kamu pingini sob, tapi segede apa kemampuanmu manfaatin gaji yang ada buat ngangkat orang-orang pribumi biar gak jadi budak di tanahnya sendiri lewat ilmu dari bangku yang sekarang kamu duduki (maksudku jadi enterpreneur berbasis SDM lokal tapi dia kayanya gak nyambung, yang dipikir materi mulu). kalo semisal niatmu kerja cuma buat idup gengsi yaaa rasain sendiri ntar, kamu bakal stress kaya orang dikejar-kejar sesuatu, gak pernah puas, gak pernah bersukur, maunya instan terus… akhirnya yaaa korupsi soalnya takut miskin gak kebagian. Belum lagi faktor nyenengin istri yang kalo gak diturutin bibirnya manyun tujuh meter.”
Awan : *ngotot gak mau kalah “bah! Kedengaran muna’ sekali dikupingku.. Terlalu tinggi bahasamu, mikir yang begituan ntar aja, muluk-muluk amat jadi orang.. yang penting ada duit dulu, punya rumah dulu, anak istri bisa idup lebih terjamin baru deh tu bisa nolongin orang lain”
Saya : “gimana bisa sempet nolongin orang kalo ntar kerja berangkatnya sebelum anakmu bangun, pulangnyanya anakmu udah tidur.. kalo mau nih ada tawaran.. ikut jadi relawan LPM buat anak-anak pelosok yang pendidikannya gak ada yang ngurus.. gmn? Syaratnya cuma dua. Fresh graduated from all department sama iklas!. Gaji seadanya, rumah ngikut penduduk disana, kalo mau ntar call me aja.”
Awan : “yah.. kita liet saja besok setelah lulus siapa yang bakal sukses duluan” *angkat kaki pindah kursi
Dan sejak hari itu pula saya berusaha memantapkan hati untuk menekan pola pikir hedonis yang cenderung korup melalui anak didik saya nanti, entah bagaimana caranya. semua mulai dari diri saya sendiri.. sedikit demi sedikit mulai dari diri sendiri untuk menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat. Semoga Allah memberkati.. Amin.
Dan terima kasihku yang sebesar-besarnya untuk Awan..


Page view

free counters

Followers

Facebook Twitter RSS